Seputar Mesin Diesel

Blog tentang Seputar mesin diesel, Proses kerja mesin diesel, Sistem Bahan bakar mesin diesel, Komponen-komponen mesin diesel, Common Rail system, ganguan mesin diesel

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Common Rail System » Sistem Bahan Bakar Diesel » Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail

Thursday, December 10, 2015

Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail

Supply pump pada mesin diesel common rail berfungsi untuk menikkan atau menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi dan mensuplai bahan bakar bertekanan tinggi tersebut ke mesin yang sebelumnya di tampung di dalam rail pipa tekanan tinggi yang disebut common-rail.

Supply pump dalam proses kerjanya menggunakan putaran / torsi mesin untuk menghasilkan tekanan bahan bakar, dan bahan bakar bertekanan yang dihasilkan akan ditransfer ke common rail. Pada supply pump dipasang suction control valve (SCV) dan fuel temperature sensor (FT sensor).


Bagian- bagian yang terdapat pada Supply pump

Pada supply pump terdapat beberapa saluran dan sersor yang terpasang pada sekeliling supply pump.
Keterangan
  1. Fuel outlet (return)
  2. Suction control valve
  3. Fuel inlet
  4. Fuel temperature sensor
  5. Camshaft
  6. Supply pump assembly
  7. High pressure pipe
  8. High pressure fuel outlet

Konstruksi supply pump


Mekanisme cara kerja supply pump


Dalam proses kerjanya untuk menghasilkan beban putaran yang sama pada supply pump terdapat tiga 3 plungers yang diposisikan setiap 120° pada ring cam. Kapasitas pemompaan bahan bakar pada supply pump type HP4 adalah 1.5 kali lebih banyak dari pompa type HP3. Pemasukan jumlah bahan bakarnya dikontrol oleh Suction Control Valve SCV (FRP), sama seperti pompa type HP3

Skema aliran bahan bakar pada supply pump

Skema aliran bahan bahan pada supply pump:

Skema aliran bahan bakar yang terjadi di dalam supply pump dapat di tunjukkan melalui gambar di atas dimana aliran bahan bakar sebagai berikut:
  1. Warna biru : menunjukkan aliran bahan bakar dari fuel tank (suction) menuju ke feed pump 
  2. Warna Merah muda : menunjukkan aliran bahan bakar dari feed pump (low pressure / tekanan bahan bakar masih rendah) menuju ke Suction control valve (SCV)
  3. Warna kuning : menunjukkan aliran bahan bakar dari Suction control valve / SCV (low-pressure adjutsment complete) menuju ke Unit pompa (Pump unit)
  4. Warna Merah : menunjukkan aliran bahan bakar dari unit pompa / pump unit menuju ke Rail (bahan bakar bertekanan tinggi / High pressure)
Fuel supply pump adalah jantung dari mesin diesel yang menggunakan system common rail type electronic fuel injection. Fuel supply pump dipasangkan dengan lokasi yang sama seperti injection pump yang digunakan pada mesin diesel konvensional, dimana perbandingan putaran supply pump terhadap crankshaft adalah 1 : 1. Fuel rail pressure (FRP) regulator dan Fuel temperature sensor adalah bagian dari fuel supply pump assembly. Bahan bakar dialirkan dari fuel tank melalui fuel supply pump dengan menggunakan sebuah internal feed pump (trochoid type). Feed pump ini memompa bahan bakar masuk ke dalam 3-plunger chamber yang juga berda di bagian dalam fuel supply pump. Bahan bakar yang masuk kedalam chamber ini diatur oleh FRP regulator yang bekerja dan dikontrol oleh arus yang dialirkan dari ECM. Jika tidak ada arus listrik yang mengalir menuju ke solenoid maka akan menghasilkan maximum aliran bahan bakar, sedangkan jika ada aliran listrik ke solenoid tidak akan menghasilkan / tidak ada aliran bahan bakar. Sesuai dengan putaran mesin, 3 plunger yang terdapat pada supply pump menghasilkan tekanan tinggi untuk dialirkan ke dalam fuel rail. ECM mengontrol aliran bahan bakar yang masuk ke dalam 3-plunger chamber ini, dengan demikian dapat mengontrol quantity (jumlah) dan pressure (tekanan) bahan bakar yang dikirimkan menuju ke fuel rail. Pengontrolan ini menghasilkan Performance mesin yang optimal (optimizes performance), memperbaiki fuel economic (bahan bakar ekonomis) dan menurunkan NOx emisi gas buang (polusi rendah / ramah lingkungan. 




f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
1:36 AM

18 komentar untuk "Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail"

  1. dhenypoliceApril 7, 2017 at 12:11 AM

    Pak mau tanya...innova diesel saya klo mesin dingin gampang distater,tp klo mesin panas..sampe 2x stater bru nyala kira2 apanya ya pak..trims

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. UnknownApril 7, 2017 at 7:43 AM

    pak kalo triton sy gak mau di gas/rpm stasioner saja ... apakah scvnya sudah rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AnonymousFebruary 8, 2023 at 5:48 PM

      iya

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  3. UnknownMay 14, 2017 at 9:56 PM

    Penjelasan yg bagian bawa kosa kata dan urutannya sama persis dengan workshop manual isuzu...

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  4. UnknownAugust 6, 2017 at 8:45 PM

    Saya mau bongkar sapply pum nya kan ada tuga baud tuh,,tapi ttep ga bisa buka,apa ada baud panjang nya di tengah???minta bantuannya pa bos

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  5. widiaDecember 30, 2017 at 9:19 AM

    Bagaimana posisi gear pump pada saat top.?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  6. UnknownNovember 8, 2018 at 3:27 AM

    Pak kalau unit Nissan CWM 330 hidup nya susah harus d pancing contacts cleaner itu kenapa..trus d cek d suply ya pas mau d hidupin semburan ya BBM yang dari suply menuju common rail itu lemah

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  7. UnknownJanuary 26, 2019 at 6:16 PM

    Pa klu listrik ke selenuit pump tdak ad cek apanya

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  8. UnknownFebruary 25, 2019 at 12:00 AM

    supply pump terletak di bahagian mana?dan apa komponen yg berkait rapat dengan komponen tersebut

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  9. UnknownJuly 19, 2019 at 8:01 PM

    Triton pak kalo dlam gas tinggi mobil se olah olah sperti masuk angin langsung mati

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  10. UnknownJuly 25, 2019 at 9:13 PM

    gan,berapa tekanan presurre yg di kluarkan suply pump triton.?tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. AnonymousFebruary 8, 2023 at 5:49 PM

      1000 bar

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  11. AnonymousAugust 30, 2019 at 9:34 PM

    Bos pajero saya bunyi ngelitik keras di pipa suplay pump nya yg mnju comonrailnya iku knpa bos

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  12. budhyNovember 7, 2019 at 1:02 AM

    utk captiva diesel, letak scv di sebelah mana

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  13. UnknownJanuary 20, 2020 at 12:32 AM

    Supplay pump pajeroku rysak apa solar jd boros kok mid jd boros

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  14. UnknownApril 2, 2020 at 7:05 AM

    om strada triton saya onjektornya gak mau nyembur.padahal semua sdah saya ganti.dari sensor ,ecu bahkan injektornya jga sdh dgnti tpi tetep gak mau hidup.kira2 apanya ya om

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  15. UnknownDecember 28, 2020 at 2:57 PM

    Yang saya alami pada suplay pump covrolet spin 1,3 dia saya tes stater dgn selenoid masih saya pasang socket nya, yg terjadi semprotan out hanya 1 semprotan gan. Seperti 1 plunger aja yg bekerja yg 2 tidak bekerja alias bocor.
    Mengenai kedudukan pelor sudah saya skur manual menggunakan pelor dan bor, caranya pelor saya dorong pakai pipa menyesuaikan diameter pelor semuanya sudah saya skur, & hasil nya tetep satu plunger aja yg bekerja.
    Untuk mengenai plunger 3 yg bagus cuman 1 aja yg 2 kayak nya udah aus gan.
    Yang saya ingin jalan keluarnya apakah ada jual plunger eceran beserta silinder plunger nya aja gan saya butuh 2 aja.
    Yg 1 kan masih bagus.
    Proses demi proses saya lakukan sudah hasil nya tetap 2 plunger kurang bagus.
    Saya mekanik alat berat & jual parte alat berat secon bertempat di sidoarjo juanda & baru kali ini service mobil spin cevrolet spin 1,3 milik tetangga.
    Awal mula kendala setiap mau hidupkan harus nunggu stater 10 x baru hidup. Setelah hidup nunggu lama baru bisa di gas saat pertama hidup asap nya tebal saya kira injektor nya ok saya cek injektor eh ruangan cilinder head kotor sekali saya tanya pemilik nya bahan bakar solar pakai apa? Dia bilang solar biasa, saya tanya lagi oli enggine udah ganti baru sesuai kebutuhan mesin apa belum,ternyata belum dan hanya ganti filter mesin filter solar aja, nah itu awal mula terjadinya susah hidup mau hidup pun harus start10 kali dan asap hidup. Saya panggil temen saya untuk di botloop pakai computer dan arah nya emang ke suplaypum soalnya.

    Minta saran gan ganti suplay pump apa ganti parte suplay pump yg plunger tersebut.
    Jika bisa bantu contak wa saya gan 082257078682

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  16. UnknownMarch 17, 2021 at 6:14 AM

    Bos sya mau nanya soket yg tempratur suplai pam itu apa waktu di star strumnya baru ada.

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Kategori

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail

Entri Populer

  • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
    Pompa injeksi tipe inline merupakan salah satu pompa penyalur yang digunakan dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pompa penyalur tipe inl...
  • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    Supply pump pada mesin diesel common rail berfungsi untuk menikkan atau menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi dan mensuplai bahan baka...
  • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
    Injector / nozzle pada mesin diesel berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar dalam bentuk kabut yang sering disebut sebagai pengabut bahan ...
  • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pada Common Rail
    Fuel rail pada EFI-Diesel Common rail dilengkapi dengan fuel rail pressure sensor (Sensor tekanan bahan bakar pada rail) dan pressure limit...
  • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut hasil kerja yang optimal dari kendaraan, selaras dengan hal tersebut sama hal...

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Tips utak-atik Motor sendiri
Belajar Budidaya jamur

Blog Archive

  • ►  2018 (5)
    • ►  October (5)
  • ►  2016 (2)
    • ►  February (1)
    • ►  January (1)
  • ▼  2015 (16)
    • ▼  December (3)
      • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pad...
      • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
      • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    • ►  November (1)
    • ►  October (3)
    • ►  September (9)

Labels

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail
Copyright 2013 Seputar Mesin Diesel - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates