Seputar Mesin Diesel

Blog tentang Seputar mesin diesel, Proses kerja mesin diesel, Sistem Bahan bakar mesin diesel, Komponen-komponen mesin diesel, Common Rail system, ganguan mesin diesel

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Sistem Bahan Bakar Diesel » Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline

Wednesday, September 9, 2015

Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline

Pompa injeksi tipe inline merupakan salah satu pompa penyalur yang digunakan dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pompa penyalur tipe inline memiliki plunger sebagai piranti menaikkan tekananan bahan bakar dan menyalurkannya ke injektor melalui high presure pipe. Jumlah plunger pada pompa inline sejumlah silinder yang digunakan. Agar sistem bahan bakar dapat bekerja dibantu oleh beberapa komponen / bagian sistem penyalur bahan bakar, demikian juga halnya dengan sistem penyalur bahan bakar diesel dengan pompa distributor.

Komponen penyalur sistem bahan bakar dengan pompa in-line

Pada sistem pengaliran / penyaluran bahan bakar menggunakan pompa injeksi inline terdiri dari beberapa komponen diantaranya: 


  1. Fuel tank / Tangki bahan bakar: berfungsi untuk menyimpan bahan bakar sementara yang akan digunakan dalam penyaluran
  2. Feed pump (priming pump) : sering disebut pompa penyalur berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki dan mengalirkannya ke pompa injeksi sebagai pemberi tekanan awal, disamping itu berfungsi pula untuk membuang udara yang terjebak di dalam saluran antar tangki dan pompa injeksi /bleeding (fungsi priming pump)
  3. Fuel filter / Saringan bahan bakar : biasanya terdapat 2 (dua) yaitu pada bagian sebelum feed pump yang dilengkapi pula dengan water separator yang berfungsi untuk memisahkan air dalam sistem dan setelah feed pump yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat pada bahan bakar untuk menjaga kualitas bahan bakar, dikarenakan adanya senyawa-senyawa, kotoran, dan air yang terkandung di dalan bahan bakar.
  4. Injction Pump /Pompa injeksi: berfungsi untuk menaikkan tekanan bahan bakar sehingga bahan bakar dapat dikabutkan oleh nozzle, mengatur / menakar jumlah bahan bakar yang dibutuhkan oleh engine, menyalurkan bahan bakar ke injektor dan mengatur saat injeksi sesuai dengan putaran mesin.
  5. Automatic timer: berfungsi untuk memajukan saat injeksi sesuai dengan putaran motor / mengatur saat injeksi bahan bakar.  Automatic timer terpasang pada bagian depan pompa injeksi yang berhubungan dengan timing gear / gigi timing.
  6. Governor : berfungsi sebagai pengatur jumlah injeksi bahan bakar sesuai dengan pembebanan motor. Governor terpasang pada bagian belakang pompa injeksi.
  7. Pengabut (Nozzle / Injector) : berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar / menyemprotkan bahan bakar dalam bentuk kabut agar mudah bercampur dengan oksigen sehingga mudah terbakar dalam silinder mesin.
  8. High Presure Pipe / Pipa tekanan tinggi : berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar bertekanan tinggi dari pompa injeksi ke masing-masing pengabut / nosel, pioa tekanan tinggi terbuat dari bahan baja yang tahan terhadap tekanan tinggi.
  9. Glow Plug / Busi pijar atau busi pemanas ; berfungsi untuk memanaskan ruangan pre chamber / ruang bakar muka pada saat mulai start. Cara kerja glow plug adalah dengan merubah energi listrik dari battery menjadi energi panas dengan demikian bahan bakar yang temperaturnya naik akan mudah untuk dibakar.
  10. Battery (aki): berfungsi sebagai sumber energi listrik yang mensupply / menyalurkan energi yang dibutuhkan oleh motor stater saat start dan busi pijar untuk memanaskan ruangan pre chamber
  11. Kunci kontak (ignition switch) : berfungsi sebagai saklar utama pada sistim kelistrikan kendaraan
  12. Relay : berfungsi sebagai pengaman dan pengatur saat pemanasan ruang pre chamber oleh busi pijar.
  13. Return Pipe / saluran pengembali : berfungsi untuk menyalurkan kelebihan bahan bakar setelah akhir injeksi kembali ke tangki bahan bakar.

Skema / alur aliran bahan bakar sistem bahan bakar dengan pompa injeksi jenis in-line

Skema aliran bahan bakar pada pengaliran dengan pompa injeksi in-line ini dapat dijelaskan sebagai berikut :
Fuel tank – feed pump – fuel filter – injection pump – nozzle – injection pump – fuel filter


f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
9:53 PM

2 komentar untuk "Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline"

  1. ken dhouFebruary 20, 2018 at 10:43 PM

    Sangat lengkap sekali penjelasan mengenai komponen pada mesin diesel... informasi yang sangat berguna, terima kasih.
    Salam kenal ya...

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. otomotif71October 15, 2024 at 3:13 AM

    Complete your vehicle with discount accessories up to 50%. For more complete information, visit our website here https://otomotif71.wordpress.com/

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Kategori

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail

Entri Populer

  • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
    Pompa injeksi tipe inline merupakan salah satu pompa penyalur yang digunakan dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pompa penyalur tipe inl...
  • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    Supply pump pada mesin diesel common rail berfungsi untuk menikkan atau menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi dan mensuplai bahan baka...
  • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
    Injector / nozzle pada mesin diesel berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar dalam bentuk kabut yang sering disebut sebagai pengabut bahan ...
  • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pada Common Rail
    Fuel rail pada EFI-Diesel Common rail dilengkapi dengan fuel rail pressure sensor (Sensor tekanan bahan bakar pada rail) dan pressure limit...
  • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut hasil kerja yang optimal dari kendaraan, selaras dengan hal tersebut sama hal...

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Tips utak-atik Motor sendiri
Belajar Budidaya jamur

Blog Archive

  • ►  2018 (5)
    • ►  October (5)
  • ►  2016 (2)
    • ►  February (1)
    • ►  January (1)
  • ▼  2015 (16)
    • ►  December (3)
    • ►  November (1)
    • ►  October (3)
    • ▼  September (9)
      • Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel dibandingkan...
      • Perbedaan Mesin Diesel dengan Mesin Bensin
      • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Distributor
      • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
      • Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel
      • Periode Proses Pembakaran Mesin Diesel
      • Jenis Sistem Injeksi Mesin Diesel
      • Proses / Langkah Kerja Mesin Diesel
      • Sejarah Perkembangan Mesin diesel

Labels

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail
Copyright 2013 Seputar Mesin Diesel - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates