Fuel rail pada EFI-Diesel Common rail dilengkapi dengan fuel rail pressure sensor (Sensor tekanan bahan bakar pada rail) dan pressure limiter (pembatas tekanan). Sesuai dengan kerja system common rail type electronic control fuel injection, fuel rail akan menyimpan dan mempertahankan tekanan tinggi bahan bakar antara supply pump dan injector, sehingga dibutuhkan komponen yang mampu mendeteksi perubahan tekanan bahan bakar.
Fuel Rail Pressure Sensor
Fuel rail pressure sensor dan Pressure limiter dipasangkan pada fuel rail. Fungsi dari Fuel rail Pressure sensor adalah untuk mendeteksi tekanan bahan bakar (fuel pressure) di dalam fuel rail dan memberikan signal ke Engine Control Module (ECM). Berdasarkan signal signal yang dikirim ini, ECM akan mengontrol tekanan bahan bakar (fuel pressure) di dalam fuel rail melalui fuel rail pressure (FRP) regulator dari supply pump.
FRP sensor dipasangkan pada fuel rail dan tugasnya mendeteksi fuel pressure di dalam fuel rail dengan cara merubah tekanan menjadi voltage signal, dan mengirimkan signal ke ECM. ECM akan memonitor FRP sensor signal voltage. pada saat Fuel rail pressure tinggi (tekanan bahan bakar pada rail tinggi), signal voltage juga tinggi dan saat fuel pressure rendah maka signal voltage juga rendah. ECM akan mengkalkulasi aktual fuel rail pressure (fuel pressure) dari voltage signal dan digunakan hasilnya untuk mengontrol fuel injection dan tugas kontrol lainnya
Pressure limiter
Pressure limiter akan membuka valve secara mekanis untuk membebaskan tekanan pada saat tekanan bahan bakar (fuel pressure) di dalam fuel rail menjadi sangat tinggi. Pressure limiter membebaskan tekanan dengan membuka valve jika terjadi tekanan tinggi yang dihasilkan berlebihan. Valve akan terbuka saat tekanan didalam rail naik kira-kira 220 MPa (32,000 psi), dan akan tertutup kembali saat tekanan bahan bakar turun sampai dengan kira-kira 50 MPa (7,250 psi). Bahan bakar selanjutnya akan dikembalikan ke tangki bahan bakar melalui pressure limiter
Fuel Rail Pressure (FRP) regulator
Engine Control Module (ECM) mengontrol duty ratio fuel rail pressure (FRP) regulator type linier (lamanya waktu kerja tergantung arus yang bekerja pada FRP regulator), yaitu dalam kaitannya mengontrol jumlah bahan bakar yang di supply ke high pressure plungers. Saat jumlah bahan bakar yang dibutuhkan telah tercapai, tekanan rail akan diturunkan, beban dari supply pump akan dikurangi. Saat arus mengalir ke FRP regulator, variable electromotive force akan dihasilkan sesuai dengan duty ratio, pergerakan solenoid plunger dan perubahan pembukaan fuel passage dan pengaturan jumlah bahan bakar (fuel quantity). Dengan FRP regulator OFF, return spring merenggang, membuka penuh fuel passage dan mengirimkan bahan bakar ke plunger (Full quantity intake dan full quantity discharge). Dengan merubah FRP regulator ON/ OFF, bahan bakar akan di supply dalam jumlah yang sesuai dengan aktual duty ratio, dan bahan bakar ditekan oleh plunger pada supply pump.