Seputar Mesin Diesel

Blog tentang Seputar mesin diesel, Proses kerja mesin diesel, Sistem Bahan bakar mesin diesel, Komponen-komponen mesin diesel, Common Rail system, ganguan mesin diesel

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Dasar-dasar mesin diesel » Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin » Sistem Bahan Bakar Diesel » Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail

Friday, October 2, 2015

Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail


Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut hasil kerja yang optimal dari kendaraan, selaras dengan hal tersebut sama halnya dengan mesin bensin yang sudah menjelma dari mesin bensin konvensional (sistem karburator) menjadi mesin injeksi yang dikenal dengan mesin EFI (Electronic Fuel Injection), mesin diesel sebagai pelopor mesin injeksi yang diawali dari mesin diesel konvensional berkembang menjadi mesin diesel common rail atau yang sering disebut dengan EFI-Diesel. Dimana pada mesin diesel common rail semua sistem bahan bakar dikontrol secara elektronik oleh sebuah perangkat komputer yang disebut ECU (Engine Control Unit) dengan bantuan sensor-sensor untuk memberikan signal informasi mengenai kondisi kerja mesin ke ECU serta dibantu perangkat actuator untuk menjalankan perintah komputer agar hasil kerja mesin lebih optimal.
Generasi mesin diesel konvensional dikenal dengan bahan bakar yang lebih hemat bila dibandingkan dengan mesin bensin dengan kapasitas mesin yang sama, dengan ditambahkannya teknologi elektronik untuk mengontrol kerja khususnya bahan bakar pada mesin diesel (common rail) tentunya hasilnya jauh lebih baik dari mesin diesel konvensional baik performa maupun efisiensi bahan bakarnya. 

Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail

  1. Jumlah penginjeksian bahan bakar (Injection Quantity Management) : Pada diesel konvensional jumlah injeksi diatur oleh governor pada pompa injeksi, sedangkan diesel common rail pengaturan jumlah injeksi diatur oleh ECU dan Injektor
  2. Pengaturan waktu injeksi (Injection Timing Management) : Pada mesin diesel konvensional saat / waktu injeksi bahan bakar diatur oleh automatic timer pada pompa injeksi, sedangkan diesel common rail saat injekti / injection timing diatur oleh ECU dan Injektor
  3. Peningkatan tekanan bahan bakar (presure increase) : Pada mesin diesel konvensional peningkatan tekanan bahan bakar dilakukan oleh pompa injeksi (injection pump) sedangkan diesel common rail dilakukan oleh suplly pump.
  4. Distribusi bahan bakar : Pada diesel konvensional distribusi bahan bakar ke masing-masing silinder dilakukan oleh pompa injeksi sedangkan diesel common rail distribusi bahan bakar dilakukan oleh common rail.
  5. Pengaturan tekanan bahan bakar (Injection Presure Management) : Pada diesel konvensional pengaturan tekanan dan jumlah bahan bakar berdasarkan putaran mesin sedangkan common rail dilakukan oleh supply pump.
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
12:59 AM

1 komentar untuk "Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail"

  1. UnknownSeptember 4, 2016 at 2:40 AM

    joss banget penjelasannya antara mesin diesel konvensional dan commonrail, semoga semakin lengkap artikel tentang mesin dieselnya
    Service Genset Semarang

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Kategori

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail

Entri Populer

  • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
    Pompa injeksi tipe inline merupakan salah satu pompa penyalur yang digunakan dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pompa penyalur tipe inl...
  • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    Supply pump pada mesin diesel common rail berfungsi untuk menikkan atau menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi dan mensuplai bahan baka...
  • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
    Injector / nozzle pada mesin diesel berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar dalam bentuk kabut yang sering disebut sebagai pengabut bahan ...
  • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pada Common Rail
    Fuel rail pada EFI-Diesel Common rail dilengkapi dengan fuel rail pressure sensor (Sensor tekanan bahan bakar pada rail) dan pressure limit...
  • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut hasil kerja yang optimal dari kendaraan, selaras dengan hal tersebut sama hal...

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Tips utak-atik Motor sendiri
Belajar Budidaya jamur

Blog Archive

  • ►  2018 (5)
    • ►  October (5)
  • ►  2016 (2)
    • ►  February (1)
    • ►  January (1)
  • ▼  2015 (16)
    • ►  December (3)
    • ►  November (1)
    • ▼  October (3)
      • Komponen Sistem Bahan Bakar Common Rail
      • Tujuan Common Rail System Mesin Diesel
      • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    • ►  September (9)

Labels

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail
Copyright 2013 Seputar Mesin Diesel - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates