Seputar Mesin Diesel

Blog tentang Seputar mesin diesel, Proses kerja mesin diesel, Sistem Bahan bakar mesin diesel, Komponen-komponen mesin diesel, Common Rail system, ganguan mesin diesel

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Common Rail System » Sistem Bahan Bakar Diesel » Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail

Thursday, December 10, 2015

Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail

Injector / nozzle pada mesin diesel berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar dalam bentuk kabut yang sering disebut sebagai pengabut bahan bakar, tujuannya agar bahan bakar yang masuk ke dalam silinder mudah bercampur dengan udara sehingga memudahkan terjadinya proses pembakaran di dalam mesin. Besarnya jumlah injeksi bahan bakar yang disemprotkan ke dalam silinder tergantung dari lamanya pengendalian selenoid, lamanya membuka dan menutup jarum nozzle, aliran bahan bakar pada nozzle, membukanya jarum nozlle dan tekanan rail, yang semua itu dikendalikan secara elektronik oleh Elektronik Control Unit (ECU) atau Engine Control Module (ECM)


Prinsip Kerja Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail

Injector (Nozzle) ditempatkan dan  dipasang pada bagian atas cylinder head mesin, dan kerja fuel injection dikontrol oleh engine control module. ECM menaikan tegangan untuk injector drive dan memberikan tegangan yang dinaikan tersebut pada injector. Engine Control Module (ECM) kemudian menggunakan pengontrolan pada pengiriman listrik ke injector untuk mengontrol injection quantity (Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan), fuel injection timing (Saat / Waktu penginjeksian bahan bakar) dan faktor lainnya. Perlu diketahui bahwa setiap injector memiliki ID code sendiri-sendiri. Jika If ECM atau ada injector yang diganti, maka ID code injector harus dimasukan kedalam ECM.

Injectors mesin 6HK1-TCS memiliki diameter lubang nozzle yang berbeda, dengan diameter lubang yang lebih besar (0.16mm). Karena mesin ini memiliki power output yang lebih tinggi, sehingga memerlukan lebih banyak bahan bakar 

Tipe Injector Mesin Diesel Common Rail

Tipe injector yang digunakan pada diesel common rail adalah Electronic control type injectors. Kerja Electronic control type injectors dikontrol oleh Engine Control Module (ECM). Bila dibandingkan dengan conventional injection nozzles (tipe injector yang digunakan pada mesin diesel konvensional), perbedaannya terdapat sebuah command piston, solenoid valve, dll. ID codes yang tuliskan pada plat bagian atas injector menunjukan variasi karateristik injector, dan ID code ditunjukan secara numeric / dengan angka (terdapat 30 alphanumeric figure yang diitunjukan dan hanya 24 yang digunakan). System ini digunakan untuk informasi fuel injector flow rate / Rata-rata jumlah aliran bahan bakar pada injector (ID codes) yang berguna untuk pengontrolan injection quantity secara optimal. Saat injector baru dipasang dikendaraan, diperlukan untuk meng-input / memasukan ID codes kedalam ECM. QR (Quick Response) code atau ID code fuel injector flow rate dipakai untuk meningkatkan ketepatan jumlah injeksi injektor. Penggunaan kode injeksi tersebut memungkinkan jumlah injeksi bahan bakar dikontrol pada semua rentang tekanan injeksi, selain itu untuk memberikan kontibusi bagi peningkatan efisiensi pembakaran dan pengurangan emisi gas buang 

Injector memiliki orifice yang sangat kecil. (orifice terdiri dari Inlet orifice and Outlet orifice) oleh karena itu, jika menggunakan bahan bakar yang terkontaminasi (bahan bakar berkualitas jelek), orifice akan tersumbat, dan tidak dapat berfungsi. Perlu diketahui bahwa injector ini tidak dapat dibuka / dibongkar (Non disassembly) hasilnya, jika terjadi masalah pada injektor, maka harus diganti dengan injector yang baru. Untuk penggantian injector harus memasukkan ID Code ke dalam ECM.

Bagian-bagian Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail

Keterangan
  1. QR code
  2. Terminal stud
  3. Injector drive section
  4. Injector assembly
  5. Gasket
  6. O-ring
  7. Fuel outlet port

Konstruksi injector


Cara Kerja Injektor


1) Tidak Injeksi
Saat belum terjadi penginjeksian bahan bakar, Two way valve (TWV) menutup outlet orifice dengan tekanan spring, saat tidak ada aliran arus dari Engine Control Module (ECM) yang menuju ke solenoid. Pada saat itu tekanan bahan bakar yang bekerja ke bagian ujung nozzle sama dengan tekanan bahan bakar yang bekerja ke control chamber melalui inlet orifice. Perlawanan tekanan pada bagian ini menyebabkan tekanan pada permukaan bagian atas piston + tekanan nozzle spring mengalahkan tekanan pada bagian ujung nozzle, dengan demikian nozzle didorong ke arah bawah untuk menutup lubang injeksi, sehingga tidak ada bahan bakar yang keluar.

2) Injection start (Mulai penginjeksian)
Pada saat arus listrik dialirkan dari ECM menuju ke solenoid, TWV ditarik keatas untuk membuka outlet orifice, sehingga bahan bakar mengalir kearah return port. hal ini mengakibatkan nozzle terdorong keatas bersama dengan command piston oleh tekanan yang bekerja pada bagian ujung nozzle, kemudian lubang injeksi nozzle membuka untuk menginjeksikan bahan bakar, sehingga bahan bakar keluar melalui lubang nozzle.

3. Injection end (Akhir penginjeksian)
Ketika Engine Control Module (ECM) menghentikan aliran arus ke solenoid, Two Way Valve (TWV) bergerak ke bawah untuk menutup outlet orifice. Akibatnya bahan bakar tidak dapat mengalir dari control chamber, sehingga tekanan bahan bakar dalam control chamber naik drastis, kemudian nozzle terdorong ke bawah oleh command piston dan menutup lubang injeksi nozzle, sehingga penginjeksian bahan bakar berakhir dikarenakan tidak ada bahan bakar yang keluar dari lubang injeksi nozzle.







f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
6:09 PM

12 komentar untuk "Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail"

  1. UnknownAugust 3, 2018 at 5:19 PM

    Perbedaan injector sama nozzle itu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. UnknownMarch 12, 2021 at 4:31 AM

      Injector itu. Nama Sub ... didalamnya itu ada bagian nozzel. Yg menyuplai tekanan udara. Agar sistem pembakaran bahan bakar tetap stabil.

      Delete
      Replies
        Reply
    2. AnonymousMay 25, 2022 at 7:22 PM

      Injektor alatny ,nozzle bagian ny 👍🏻

      Delete
      Replies
        Reply
    3. Reply
  2. UnknownAugust 3, 2018 at 5:19 PM

    This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  3. UnknownAugust 3, 2018 at 5:20 PM

    Perbedaan nozzle sama injector?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  4. UnknownFebruary 24, 2019 at 8:56 PM

    pusing ford ranger ndak bisa hidup setelah ganti nozel

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  5. UnknownJuly 8, 2019 at 12:07 PM

    bisakah injektor d kalibrasi dengan alat sederhana

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  6. UnknownJuly 12, 2019 at 9:56 PM

    Voltase tegangan listrik ke selonoid injector ford everest 2.5 tdci

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  7. UnknownJuly 17, 2019 at 1:46 AM

    apa penyebab injektor, selenoid blm ada dikasih arus tp solar udah keluar merilis..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. UnknownSeptember 23, 2019 at 3:46 AM

      Bisa jadi adanya kebocoran. Coba ganti injector yg lain sebagai testing.

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  8. UnknownSeptember 24, 2019 at 10:44 PM

    Bagai mana cara memasukan nomor nya ke ecm

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  9. UnknownOctober 24, 2019 at 1:13 AM

    Ah ah ah

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Kategori

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail

Entri Populer

  • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
    Pompa injeksi tipe inline merupakan salah satu pompa penyalur yang digunakan dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pompa penyalur tipe inl...
  • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    Supply pump pada mesin diesel common rail berfungsi untuk menikkan atau menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi dan mensuplai bahan baka...
  • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
    Injector / nozzle pada mesin diesel berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar dalam bentuk kabut yang sering disebut sebagai pengabut bahan ...
  • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pada Common Rail
    Fuel rail pada EFI-Diesel Common rail dilengkapi dengan fuel rail pressure sensor (Sensor tekanan bahan bakar pada rail) dan pressure limit...
  • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut hasil kerja yang optimal dari kendaraan, selaras dengan hal tersebut sama hal...

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Tips utak-atik Motor sendiri
Belajar Budidaya jamur

Blog Archive

  • ►  2018 (5)
    • ►  October (5)
  • ►  2016 (2)
    • ►  February (1)
    • ►  January (1)
  • ▼  2015 (16)
    • ▼  December (3)
      • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pad...
      • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
      • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    • ►  November (1)
    • ►  October (3)
    • ►  September (9)

Labels

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail
Copyright 2013 Seputar Mesin Diesel - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates