Seputar Mesin Diesel

Blog tentang Seputar mesin diesel, Proses kerja mesin diesel, Sistem Bahan bakar mesin diesel, Komponen-komponen mesin diesel, Common Rail system, ganguan mesin diesel

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Common Rail System » Sistem Bahan Bakar Diesel » Sistem Kontrol Injeksi Bahan Bakar Diesel Common Rail

Monday, January 11, 2016

Sistem Kontrol Injeksi Bahan Bakar Diesel Common Rail

Kontrol sistem injeksi bahan bakar diesel common rail (Fuel Injection Control) berperan penting pada performa mesin (engine performance) karena melalui kontrol sistem injeksi mesin akan memperoleh pasukan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin.


Jenis sistem kontrol injeksi bahan bakar disesel common rail


Kontrol Jumlah Injeksi Bahan Bakar (Fuel Injection Quantity Control)


Sistem kontrol ini berguna untuk menentukan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan (fuel injection quantity) ke dalam ruang silinder. Kerja sistem kontrol ini terkait dengan informasi tambahan kondisi temperatur air pendingin (coolant temperature), Temperatur bahan bakar (fuel temperature), Temperatur uadara masuk (intake air temperature), Tekanan udara luar (barometric pressure), Jumlah udara masuk (mass air flow) dan beberapa switch inputs sebagai informasi koreksi terhadap dasar menentukan jumlah injeksi bahan bakar (basic injection quantity) yang dihitung oleh Elektronik Control Module (ECM) berdasarkan kondisi kerja mesin (engine speed, jumlah penginjakan accelerator pedal dan boost pressure sensor). Injection rate yang lebih banyak mengindikasikan beban mesin bertambah seperti saat accelerator pedal diinjak pada putaran mesin konstan kemudin dikombinasikan pula dengan pengabutan bahan bakar padasaat penginjeksian tekanan tinggi, sistem kontrol ini akan memperbaiki gas buang yang dihasilkan dan memastikan pemakaian bahan bakar yang tepat. Jika dibandingkan dengan conventional mechanical governors, sebuah system kontrol elektronik (electronic control system) mampu memberikan tingkatan kontrol yang lebih tinggi terhadap pengaturan jumlah injeksi bahan bakar, sehingga respon akselerasi akan menjadi lebih baik (acceleration feeling and pressing feeling).

Kontrol Jumlah Injeksi saat Start (Starting Injection Quantity Control)


Pada saat mesin dinyalakan (setelah kunci kontak diputar ke posisi START untuk menyalakan mesin, sampai kunci kontak kembali ke posisi ON), jumlah injeksi bahan bakar yang optimal dikontrol berdasarkan informasi dari “ engine speed dan coolant temperature (temperatur pendingin)" . Saat sensor mendeteksi kondisi temperature rendah maka jumlah injeksi bahan bakar akan ditambah. Dan
saat mesin sudah hidup (kunci kontak sudah kembali pada posisi ON), “ boosted quantity injection mode” pada saat start akan di batalkan oleh ECM dan akan berpindah ke “normal running mode” dan jumlah injeksi bahan bakar akan kembali disesuai dengan kebutuhan mesin.

Kontrol Putaran Idle (Idle Speed Control)


Sistem kontrol ini dibuat untuk mendapatkan idling yang stabil selama putaran idling terhadap perubahan kondisi putaran mesin. Electronik control module ECM akan men-set target idling speed dan akan mengontrol jumlah injeksi bahan bakar (fuel injection quantity) sesuai dengan kondisi mesin (actual engine speed, coolant temperature dan beban mesin) untuk mengikuti putaran mesin aktual (actual engine speed) terhadap target putaran idling (target idling speed) kemudian memastikan kestabilan putaran idling (idle speed).

Kontrol Getaran Putaran Idle (Idle Vibration Control)


Sistem kontrol ini dibuat untuk memperkecil terjadinya getaran mesin dikarenakan torsi yang bervariasi antara silinder satu dengan silinder lainnya / setiap silinder yang dihasilkan oleh jumlah injeksi bahan bakar setiap cylinder atau kemampuan injector yang bervariasi (injector performance). ECM akan mengkoreksi jumlah injeksi bahan bakar pada masing-masing silinder berdasarkan signal revolusi yang dikirim oleh crankshaft position (CKP) sensor sehingga getaran mesin dapat dikurangi. Rentang normal jumlah koreksi antara tiap cylinders adalah ± 5 mm3
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
6:52 PM

1 komentar untuk "Sistem Kontrol Injeksi Bahan Bakar Diesel Common Rail"

  1. AnonymousOctober 25, 2023 at 6:00 AM

    Keren bang

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Kategori

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail

Entri Populer

  • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
    Pompa injeksi tipe inline merupakan salah satu pompa penyalur yang digunakan dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pompa penyalur tipe inl...
  • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    Supply pump pada mesin diesel common rail berfungsi untuk menikkan atau menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi dan mensuplai bahan baka...
  • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
    Injector / nozzle pada mesin diesel berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar dalam bentuk kabut yang sering disebut sebagai pengabut bahan ...
  • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pada Common Rail
    Fuel rail pada EFI-Diesel Common rail dilengkapi dengan fuel rail pressure sensor (Sensor tekanan bahan bakar pada rail) dan pressure limit...
  • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut hasil kerja yang optimal dari kendaraan, selaras dengan hal tersebut sama hal...

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Tips utak-atik Motor sendiri
Belajar Budidaya jamur

Blog Archive

  • ►  2018 (5)
    • ►  October (5)
  • ▼  2016 (2)
    • ►  February (1)
    • ▼  January (1)
      • Sistem Kontrol Injeksi Bahan Bakar Diesel Common Rail
  • ►  2015 (16)
    • ►  December (3)
    • ►  November (1)
    • ►  October (3)
    • ►  September (9)

Labels

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail
Copyright 2013 Seputar Mesin Diesel - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates