Seputar Mesin Diesel

Blog tentang Seputar mesin diesel, Proses kerja mesin diesel, Sistem Bahan bakar mesin diesel, Komponen-komponen mesin diesel, Common Rail system, ganguan mesin diesel

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Common Rail System » Tujuan Common Rail System Mesin Diesel

Friday, October 2, 2015

Tujuan Common Rail System Mesin Diesel

Perkembangan teknologi sistem injeksi mesin diesel dari model konvensional menjadi sistem injeksi elektronik yang dikenal dengan Common rail (Efi-Diesel) memberikan dampak yang signifikan terhadap performa mesin. Keberadaan Euro Emission Regulation menuntut keluaran emisi gas buang harus ramah lingkungan, sehingga memaksa mengubah teknologi otomotif khususnya mesin diesel, perubahan terbesar pada mesin yaitu pada pengaturan pasokan bahan bakar, bukaan katup dan kontrol udara, apalagi standar emisi gas buang sekarang sudah mencapai level EURO 4,
sehingga pabrikan mengembangkan mesin diesel dengan teknologi canggih yang memakai sistem injeksi bahan bakar bertekanan tinggi yang mampu meningkatkan proses pembakaran, sehingga gas buang yang dihasilkan menjadi ramah lingkungan.

Proses pembakaran yang sempurna membutuhkan kompresi udara sebanyak-banyaknya, tekanan bahan bakar yang tinggi serta timing penyemprotan bahan bakar yang tepat. Mesin diesel konvensional mengatur hal tersebut secara mekanis dalam pompa injeksi melalui governor dan automatic timer serta injektor yang menginjeksikan bahan bakar. Pada EFI-Diesel teknologi diperbarui dengan mengontrol kebutuhan mesin melalui sistem elektronik melalui pengaturan penginjeksian bahan bakar yang sangat akurat sehingga lebih menjamin proses pembakaran lebih sempurna untuk menghasilkan daya mesin yang optimum. Sistem elektronik mesin diesel mampu menghasilkan efisiensi / pemakaian bahan bakar yang hemat serta emisi yang lebih rendah dibandingkan sistem konvensional.

Tujuan Coommon Rail System Motor Diesel

Pengaturan tekanan injeksi, pengaturan jumlah injeksi, serta pengaturan waktu injeksi dikontrol secara elektronik menggunakan ECU (Electronic Control Unit) akan menghasilkan kerja mesin yang lebih akurat. Bahan bakar bertekanan tinggi menjamin terjadinya atomisasi bahan bakar menjadi lebih baik. Penyimpanan bahan bakar bertekanan tinggi pada common rail menjamin tercukupinya bahan bakar yang bertekanan tinggi pada semua kondisi kecepatan putaran mesin
Dengan Common Rail System akan diperoleh:

  1. Performa Tinggi : Dengan pengaturan waktu injeksi yang fleksibel dan akurat, pengaturan besar tekanan injeksi sesuai beban dan putan mesin serta pengaturan jumlah injeksi secara elektronik dan lebih akurat sesuai kebutuhan menghasilkan proses pembakaran yang lebih sempurna sehingga output lebih tinggi dan performa mesin akan meningkat lebih baik.
  2. Fuel Ekonomis : Penginjeksian bahan bakar dikontrol secara eklektronik dan lebih akurat menjamin jumlah bahan bakar sesuai dengan kebutuhan sehingga bahan bakar lebih ekonomis
  3. Noise dan Vibrasi rendah : teknologi yang digunakan mampu meredam getaran dan suara yang dihasilkan.
  4. Polusi rendah : Dengan pembakaran lebih baik menghasilkan Emisi gas buang lebih rendah sehingga lebih ramah lingkungan


f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
7:36 PM

4 komentar untuk "Tujuan Common Rail System Mesin Diesel"

  1. UnknownSeptember 2, 2016 at 4:47 PM

    Apakah sistem Mesin Diesel injeksi elektronik dan commonrail juga berlaku untuk Mesin Diesel berukuran besar, >= 6000 cc? Misalnya pada Mesin Diesel Lokomotif milik PT KAI, Truk raksasa di Tembagapura dan Genset2 besar yang biasa dimiliki oleh Rumah Sakit, Mall, Restoran, Gedung Perkantoran, Laboratorium Klinik dan seterusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thoyib MashudaMarch 13, 2017 at 3:59 PM

      kalau untuk truk pertambangan iya mas, tp untuk loko belum tahu

      Delete
      Replies
        Reply
    2. UnknownMarch 13, 2017 at 7:22 PM

      Bang Thoyib, apa sistem kerja dan tingkat kesulitan mekanis pada Mesin Bensin modern itu lebih rumit daripada Mesin Diesel Commonrail seperti Mesin Diesel Toyota Kijang Innova, Fortuner, dll?

      Delete
      Replies
        Reply
    3. Reply
  2. UnknownSeptember 2, 2016 at 4:47 PM

    This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Kategori

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail

Entri Populer

  • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
    Pompa injeksi tipe inline merupakan salah satu pompa penyalur yang digunakan dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pompa penyalur tipe inl...
  • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    Supply pump pada mesin diesel common rail berfungsi untuk menikkan atau menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi dan mensuplai bahan baka...
  • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
    Injector / nozzle pada mesin diesel berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar dalam bentuk kabut yang sering disebut sebagai pengabut bahan ...
  • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pada Common Rail
    Fuel rail pada EFI-Diesel Common rail dilengkapi dengan fuel rail pressure sensor (Sensor tekanan bahan bakar pada rail) dan pressure limit...
  • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut hasil kerja yang optimal dari kendaraan, selaras dengan hal tersebut sama hal...

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Tips utak-atik Motor sendiri
Belajar Budidaya jamur

Blog Archive

  • ►  2018 (5)
    • ►  October (5)
  • ►  2016 (2)
    • ►  February (1)
    • ►  January (1)
  • ▼  2015 (16)
    • ►  December (3)
    • ►  November (1)
    • ▼  October (3)
      • Komponen Sistem Bahan Bakar Common Rail
      • Tujuan Common Rail System Mesin Diesel
      • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    • ►  September (9)

Labels

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail
Copyright 2013 Seputar Mesin Diesel - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates