Perkembangan teknologi sistem injeksi mesin diesel dari model konvensional menjadi sistem injeksi elektronik yang dikenal dengan
Common rail (Efi-Diesel) memberikan dampak yang signifikan terhadap performa mesin. Keberadaan Euro Emission Regulation menuntut keluaran emisi gas buang harus ramah lingkungan, sehingga memaksa mengubah teknologi otomotif khususnya mesin diesel, perubahan terbesar pada mesin yaitu pada pengaturan pasokan bahan bakar, bukaan katup dan kontrol udara, apalagi standar emisi gas buang sekarang sudah mencapai level EURO 4,
sehingga pabrikan mengembangkan mesin diesel dengan teknologi canggih yang memakai sistem injeksi bahan bakar bertekanan tinggi yang mampu meningkatkan proses pembakaran, sehingga gas buang yang dihasilkan menjadi ramah lingkungan.
Proses pembakaran yang sempurna membutuhkan kompresi udara sebanyak-banyaknya, tekanan bahan bakar yang tinggi serta timing penyemprotan bahan bakar yang tepat. Mesin diesel konvensional mengatur hal tersebut secara mekanis dalam pompa injeksi melalui governor dan automatic timer serta injektor yang menginjeksikan bahan bakar. Pada EFI-Diesel teknologi diperbarui dengan mengontrol kebutuhan mesin melalui sistem elektronik melalui pengaturan penginjeksian bahan bakar yang sangat akurat sehingga lebih menjamin proses pembakaran lebih sempurna untuk menghasilkan daya mesin yang optimum. Sistem elektronik mesin diesel mampu menghasilkan efisiensi / pemakaian bahan bakar yang hemat serta emisi yang lebih rendah dibandingkan sistem konvensional.
Tujuan Coommon Rail System Motor Diesel
Pengaturan tekanan injeksi, pengaturan jumlah injeksi, serta pengaturan waktu injeksi dikontrol secara elektronik menggunakan ECU (Electronic Control Unit) akan menghasilkan kerja mesin yang lebih akurat. Bahan bakar bertekanan tinggi menjamin terjadinya atomisasi bahan bakar menjadi lebih baik. Penyimpanan bahan bakar bertekanan tinggi pada common rail menjamin tercukupinya bahan bakar yang bertekanan tinggi pada semua kondisi kecepatan putaran mesin
- Performa Tinggi : Dengan pengaturan waktu injeksi yang fleksibel dan akurat, pengaturan besar tekanan injeksi sesuai beban dan putan mesin serta pengaturan jumlah injeksi secara elektronik dan lebih akurat sesuai kebutuhan menghasilkan proses pembakaran yang lebih sempurna sehingga output lebih tinggi dan performa mesin akan meningkat lebih baik.
- Fuel Ekonomis : Penginjeksian bahan bakar dikontrol secara eklektronik dan lebih akurat menjamin jumlah bahan bakar sesuai dengan kebutuhan sehingga bahan bakar lebih ekonomis
- Noise dan Vibrasi rendah : teknologi yang digunakan mampu meredam getaran dan suara yang dihasilkan.
- Polusi rendah : Dengan pembakaran lebih baik menghasilkan Emisi gas buang lebih rendah sehingga lebih ramah lingkungan