Seputar Mesin Diesel

Blog tentang Seputar mesin diesel, Proses kerja mesin diesel, Sistem Bahan bakar mesin diesel, Komponen-komponen mesin diesel, Common Rail system, ganguan mesin diesel

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Sistem Bahan Bakar Diesel » Angka Cetane Terhadap Kemampuan Pembakaran Diesel

Friday, February 5, 2016

Angka Cetane Terhadap Kemampuan Pembakaran Diesel

Pada kendaraan bermesin diesel, kemampuan pembakaran bahan bakar ditingkatkan karena pada mesin diesel rasio kompresi meningkat lebih tinggi, temperatur / suhu di dalam silinder meningkat dengan cepat sehingga performa mesin juga akan meningkat, untuk meningkatkan kemampuan pembakaran diperlukan bahan bakar berkualitas. 

Pengaruh Angka Cetane Terhadap Kemampuan Pembakaran Mesin Diesel

Kemampuan pembakaran bahan bakar diesel ditingkatkan dengan meningkatkan penyalaan / pengapian yaitu ketika menggunakan angka cetane yang tinggi.

Angka cetane / Cetane Number


Angka cetane pada bahan bakar diesel berhubungan dengan angka octane pada bensin dan melambangkan kemampuan pengapian bahan bakar. Semakin tinggi nilai cetane semakin baik kemampuan pengapian bahan bakar.
Untuk bahan bakar diesel, angka cetane yang biasanya diperlukan paling tidak 40 - 45. Pada umumnya bahan bakar diesel / solar / bio diesel digunakan angka cetane berkisar antara 53 - 55.

Angka cetane tinggi berhubungan dengan efek berikut:

  1. Kemampuan start yang baik, semakin tingki cetane number semakin mudah mesin untuk dihidupkan.
  2. Gas buangan yang bersih, dengan bahan bakar berkualitas baik maka pembakaran terjadi lebih sempurna sehingga gas buang juga relatif lebih bersih.
  3. Output yang besar, dengan bahan bakar berkualias, pembakaran sempurna maka output mesin juga akan semakin besar
  4. Membaiknya konsumsi bahan bakar, pembakarn sempurna berimbas pada efisiensi bahan bakar, dimana konsumsi bahan bakar sebanding dengan tenaga yang dihasilkan.
  5. Mesin beroperasi dengan halus dan sedikit suara bising, dengan nilai cetane yang sesuai dengan rasio kompresi maka detonasi atau knocking dapat dihindarri sehingga mesin beroperasi dengan halus.


Hubungan antara compression ratio dan compression pressure atau suhu

Mesin diesel melalui piston yang bergerak dati TMB ke TMA menekan udara di dalam cylinder dan meningkatkan suhu / temperatur untuk pembakaran. Semakin tinggi rasio kompresi maka temperatur / suhu yang dihasilkan di dalam silinder juga akan semakin tinggi dan siap untuk melakukan pembakaran bahan bakar yang akan di injeksikan.
Grafik di atas menunjukkan hubungan antara compression ratio dan compression pressure atau suhu. diasumsikan  tidak ada terjadinya kebocoran udara dan kehilangan panas antara piston dan cylinder jelas terlihat rasio kompresi yang tinggi, tekanan kompresi dan temperaturnya juga tinggi.

f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
8:42 PM

3 komentar untuk "Angka Cetane Terhadap Kemampuan Pembakaran Diesel"

  1. UnknownSeptember 1, 2016 at 4:50 PM

    Jadi, angka setana pada BBM Diesel bertolak belakang dengan angka oktan pada BBM Bensin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ivan fajrianurSeptember 8, 2018 at 12:55 AM

      bukan bertolak belakangan, cetane berguna meningkatkan kualitas dorong,semakin tinggi kualitas semakin bagus tenaga dorongnya,sedangkan RON baru akan berguna jika terkena percikan busi,jadi saat ron didorong piston,dia tidak boleh terbakar ,sebelum sampai ke mata busi.

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Reply
  2. DevonJuly 17, 2018 at 10:33 AM

    Eco Racing utk diesel menambah cetane number. www.sinergyworlds.com/id/daftar

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Kategori

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail

Entri Populer

  • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
    Pompa injeksi tipe inline merupakan salah satu pompa penyalur yang digunakan dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pompa penyalur tipe inl...
  • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    Supply pump pada mesin diesel common rail berfungsi untuk menikkan atau menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi dan mensuplai bahan baka...
  • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
    Injector / nozzle pada mesin diesel berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar dalam bentuk kabut yang sering disebut sebagai pengabut bahan ...
  • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pada Common Rail
    Fuel rail pada EFI-Diesel Common rail dilengkapi dengan fuel rail pressure sensor (Sensor tekanan bahan bakar pada rail) dan pressure limit...
  • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut hasil kerja yang optimal dari kendaraan, selaras dengan hal tersebut sama hal...

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Tips utak-atik Motor sendiri
Belajar Budidaya jamur

Blog Archive

  • ►  2018 (5)
    • ►  October (5)
  • ▼  2016 (2)
    • ▼  February (1)
      • Angka Cetane Terhadap Kemampuan Pembakaran Diesel
    • ►  January (1)
  • ►  2015 (16)
    • ►  December (3)
    • ►  November (1)
    • ►  October (3)
    • ►  September (9)

Labels

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail
Copyright 2013 Seputar Mesin Diesel - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates