Seputar Mesin Diesel

Blog tentang Seputar mesin diesel, Proses kerja mesin diesel, Sistem Bahan bakar mesin diesel, Komponen-komponen mesin diesel, Common Rail system, ganguan mesin diesel

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Dasar-dasar mesin diesel » Proses / Langkah Kerja Mesin Diesel

Monday, September 7, 2015

Proses / Langkah Kerja Mesin Diesel

Prinsip kerja pada motor diesel sebetunya tidak jauh berbeda dengan motor bensin, demikian halnya secara mekanis tidak banyak perbedaan jenis komponen yang digunakan. Sama halnya motor bensin pada motor diesel dikenal pula motor diesel 2 langkah (2 stroke) dan motor diesel 4 langkah (4 stroke), akan tetapi seiring perkembangan, motor diesel 4 langkah lebih banyak berkembang dan digunakan sebagai penggerak.

Langkah Kerja Mesin Diesel


Mesin diesel 4 langkah memiliki 4 prinsip kerja, yaitu langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang. Ke-4 langkah tersebut bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan sebuah tenaga yang digunakan untuk menggerakkan komponen lainnya.

Langkah Hisap

Pada langkah hisap, piston  bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). posisi katup hisap terbuka dan katup buang tertutup. Akibat pergerakan piston terjadi kevakuman di dalam silinder yang menyebabkan udara murni masuk ke dalam silinder.
Sebagai catatan hanya udara murni yang dihisap ke dalam silinder.

Langkah Kompresi

Pada langkah kompresi, piston bergerak dari TMB ke TMA. posisi Katup hisap dan katup buang tertutup. Piston megkompresikan udara sampai pada tekanan 30kg/cm2 dan suhunya menjadi 500 derajat celsius. Perlu diketahui perbandingan kompresi pada motor diesel berkisar diantara 14 : 1 s/d 24 : 1. Akibat proses kompresi ini udara menjadi panas dan temperaturnya bisa mencapai suhu sekitar 900 °C . Pada akhir langkah kompresi injektor/nozel menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder yang berisi udara panas yang bertekanan sampai di atas 2000 bar. Bahan bakar terbakar oleh panas udara yang telah dikompresikan di dalam silinder tersebut.
Sebagai Catatan Bahan Bakar terbakar oleh udara yang bertekanan dan bertemperatur / suhu tinggi, bukan karena percikan api sehingga mesin diesel tidak membutuhkan busi / sparkplug.

Langkah Usaha

Pada langkah usaha, posisi katup hisap dan katup buang masih tertutup, injektor  masih menyemprotkan bahan bakar. Sehingga, terjadi ledakan pembakaran yang menyebabkan piston  terdorong sangat kuat dan bergerak dari TMA ke TMB. Pergerakan piston akan menyalurkan energi hasil pembakaran untuk memutarkan engkol lebih cepat yang kemudian diteruskan ke Fly wheel.

Langkah Buang

Pada langkah buang, piston bergerak dari TMB ke TMA. posisi katup hisap tertutup dan katup buang terbuka. Gas sisa pembakaran terdorong oleh pergerakan piston keluar melalui katup buang kemudian exhaust manipol

Demikian sekilas tentang proses atau langkah kerja mesin diesel, semoga bermanfaat.

f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
7:27 PM

1 komentar untuk "Proses / Langkah Kerja Mesin Diesel"

  1. jessOctober 13, 2024 at 2:49 AM

    "Get the latest news about electric motorcycles and environmentally friendly innovations in the automotive world!" let's visit our website here https://otomotif71.wordpress.com/

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Kategori

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail

Entri Populer

  • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
    Pompa injeksi tipe inline merupakan salah satu pompa penyalur yang digunakan dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pompa penyalur tipe inl...
  • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    Supply pump pada mesin diesel common rail berfungsi untuk menikkan atau menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi dan mensuplai bahan baka...
  • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
    Injector / nozzle pada mesin diesel berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar dalam bentuk kabut yang sering disebut sebagai pengabut bahan ...
  • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pada Common Rail
    Fuel rail pada EFI-Diesel Common rail dilengkapi dengan fuel rail pressure sensor (Sensor tekanan bahan bakar pada rail) dan pressure limit...
  • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut hasil kerja yang optimal dari kendaraan, selaras dengan hal tersebut sama hal...

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Tips utak-atik Motor sendiri
Belajar Budidaya jamur

Blog Archive

  • ►  2018 (5)
    • ►  October (5)
  • ►  2016 (2)
    • ►  February (1)
    • ►  January (1)
  • ▼  2015 (16)
    • ►  December (3)
    • ►  November (1)
    • ►  October (3)
    • ▼  September (9)
      • Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel dibandingkan...
      • Perbedaan Mesin Diesel dengan Mesin Bensin
      • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Distributor
      • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
      • Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel
      • Periode Proses Pembakaran Mesin Diesel
      • Jenis Sistem Injeksi Mesin Diesel
      • Proses / Langkah Kerja Mesin Diesel
      • Sejarah Perkembangan Mesin diesel

Labels

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail
Copyright 2013 Seputar Mesin Diesel - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates