Seputar Mesin Diesel

Blog tentang Seputar mesin diesel, Proses kerja mesin diesel, Sistem Bahan bakar mesin diesel, Komponen-komponen mesin diesel, Common Rail system, ganguan mesin diesel

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Sistem Bahan Bakar Diesel » Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel

Tuesday, September 8, 2015

Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel

Sistem bahan bakar (fuel system) seperti halnya sistem bahan bakar motor bensin, pada motor diesel Fuel system memiliki peranan yang sangat penting. Peranan sistem bahan bakar adalah untuk menyediakan, mensupply, mengatur saat injeksi serta mengatur jumlah bahan bakar yang dibutuhkan sesuai dengan kapasitas mesin, putaran motor dan pembebanan motor. Oleh karenan itu performance fuel system sangat menentukan kinerja dari motor diesel.

Tipe Fuel System Mesin Diesel 


Sistem bahan bakar motor diesel dikelompokkan berdasarkan penggunaan pompa penyalur yang digunakan, dikenal ada beberapa macam sistim penyaluran bahan bakar berdasarkan jenis pompa injeksinya diantaranya adalah sistim penyaluran bahan bakar dengan pompa injeksi in-line dan pompa injeksi distributor. Pemilihan sistim penyaluran bahan bakar ini didasarkan pada konstruksi ruang bakar dan besarnya tekanan bahan bakar yang dibutuhkan. Oleh karenanya banyak ditemukan penggunaan pompa injeksi in-line digunakan pada kendaraan komersial (bus dan truk) yang memiliki kapasitas silinder lebih besar, sementara pompa injeksi distributor digunakan pada kendaraan penumpang yang memiliki kapasitas kecil dan membutuhkan kenyamanan lebih tinggi. Namun dalam perkembangan selanjutnya penggunaan teknologi elektronik telah mampu meningkatkan performance pompa distributor.  

Pompa Injeksi Tipe Inline

Sistem bahan bakar dengan pompa tipe ini terdapat sejumlah pompa untuk melayani sejumlah silinder atau dengan kata lain satu silinder dilayani oleh satu pompa.

Kelebihan yang dimiliki sistem bahan bakar dengan pompa inline di antaranya adalah :

  1. Tekanan injeksi bahan bakar yang dihasilkan lebih besar dikarenakan satu pompa hanya melayani satu silinder sehingga hasilnya lebih optimal
  2. Jumlah plunger sesuai dengan jumlah silinder, sehingga jika suatu saat ada salah satu plunger bermasalah maka engine akan tetap bisa hidup walapun pincang.
  3. Konstruksinya sederhana karena tiap plunger melayani 1 silinder.
  4. Waktu penginjeksian ditentukan oleh cam shaft.
  5. Harganya relatif lebih murah karena konstruksinya lebih sederhana

Kekurangan Pompa In-line

  1. Tekanan injeksi bahan bakar yang dihasilkan cenderung berbeda pada setiap silinder, oleh sebab itu secara berkala pompa jenis inline harus di kalibrasi agar tekanan injeksi di semua silinder sama
  2. Memakan banyak tempat karena ukurannya yang relatif besar

Pompa Injeksi Tipe Distributor

Sistem bahan bakar dengan pompa distributor hanya terdapat satu pompa, dimana satu pompa ini melayani sejumlah silinder yang ada pada mesin kendaraan, dengan kata lain satu pompa untuk banyak silinder, kelebihan yang dimiliki sistem bahan bakar dengan pompa distributor adalah tekanan yang dihasilkan untuk masing-masing silinder relatif sama, disamping itu pompa dapat bekerja pada puturan tinggi. Akan tetapi sistem bahan bakar dengan pompa injeksi tipe distributor juga memiliki kelemahan dibanding pompa inline yaitu tekanan injeksi bahan bakar yang dihaasilkan relatif lebih kecil sehingga masih membutuhkan peran busi pemanas agar mesin dapat mudah dihidupkan.


f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
12:56 AM

1 komentar untuk "Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel"

  1. AnonymousNovember 9, 2017 at 7:39 PM

    Zzzzzz

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Kategori

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail

Entri Populer

  • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
    Pompa injeksi tipe inline merupakan salah satu pompa penyalur yang digunakan dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pompa penyalur tipe inl...
  • Supply Pump Pada Mesin Diesel Common rail
    Supply pump pada mesin diesel common rail berfungsi untuk menikkan atau menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi dan mensuplai bahan baka...
  • Injector / Nozzle Mesin Diesel Common Rail
    Injector / nozzle pada mesin diesel berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar dalam bentuk kabut yang sering disebut sebagai pengabut bahan ...
  • Fuel Rail Pressure Sensor dan Pressure Limiter Pada Common Rail
    Fuel rail pada EFI-Diesel Common rail dilengkapi dengan fuel rail pressure sensor (Sensor tekanan bahan bakar pada rail) dan pressure limit...
  • Perbedaan Diesel Konvensional dengan Common Rail
    Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut hasil kerja yang optimal dari kendaraan, selaras dengan hal tersebut sama hal...

Tautan Blog Saya

Materi Otomotif SMK
Tips utak-atik Motor sendiri
Belajar Budidaya jamur

Blog Archive

  • ►  2018 (5)
    • ►  October (5)
  • ►  2016 (2)
    • ►  February (1)
    • ►  January (1)
  • ▼  2015 (16)
    • ►  December (3)
    • ►  November (1)
    • ►  October (3)
    • ▼  September (9)
      • Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel dibandingkan...
      • Perbedaan Mesin Diesel dengan Mesin Bensin
      • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Distributor
      • Sistem Bahan Bakar Diesel Dengan Pompa Inline
      • Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel
      • Periode Proses Pembakaran Mesin Diesel
      • Jenis Sistem Injeksi Mesin Diesel
      • Proses / Langkah Kerja Mesin Diesel
      • Sejarah Perkembangan Mesin diesel

Labels

  • Common Rail System
  • Dasar-dasar mesin diesel
  • Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin
  • Sistem Bahan Bakar Diesel
  • Sistem Kontrol Common Rail
Copyright 2013 Seputar Mesin Diesel - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates